Kelapa yang banyak santannya adalah kelapa yang sudah tua.  Bahkan ada peribahasa yang berbunyi “bagaikan buah kelapa, semakin tua semakin banyak santannya” , yang mengibaratkan seseorang yang semakin tua semakin banyak hasil karyanya, atau prestasinya.

Ciri-ciri kelapa yang telah tua yaitu, batoknya berwarna coklat dan keras, dan biasanya sabutnya telah menipis.

Dan kalau ingin memilih mana diantara kelapa-kelapa yang telah tua tersebut yang lebih bagus, bisa diuji dengan mengguncang buah kelapa, dan merasakan mana yang lebih banyak airnya. Sebaian orang yang telah sering memilih kelapa, hanya mengetok-ngetok kelapa tersebut dan dengan mendengarkan bunyi getokannya, bisa membedakan mana kelapa yang lebih bagus.

Sebagai ibu rumah tangga, atau gadis rumah tangga (istilah bagi yang belum menikah, tetapi sering berhubungan dengan pekerjaan rumah tangga, seperti memasak, walaupun masih kost) kelapa adalah salah satu bahan makanan yang sering diperlukan.

Untuk itu sedikit pengetahuan tentang kelapa, walaupun ringan, tak ada salahnya dibaca dengan santai.

Di luar cara-cara di atas, dengan melihat kelapa-kelapa yang dijual, kita pilih saja secara alami kelapa dengan bentuk yang bagus menurut mata kita, yaitu yang terbaik dari yang ada, dengan kriteria di atas.